Saturday, March 19, 2011

Nonton bareng Leonz

Sekian kali berencana dan selalu nggak jadi, akhirnya setelah membulatkan tekad kesampaian juga niat membawa Leonz nonton film di bioskop.

Mungkin kedengarannya aneh. Nonton film di bioskop aja digede-gede-in. Tapi buat Leonz, bukan perkara gampang.

Saya pertama kali nonton di bioskop umur 3 tahun. Film Superman. Yang saya ingat saat itu deg deg-an saat masuk ruangan. Gelap, dingin, suaranya berisik tapi mulai tenang saat melihat om Christopher Reeves. Gila cakep banget, keker dan bisa terbang pulak.

Dengan Leonz akan lain ceritanya. Ruangan yang gelap mungkin akan membuat dia takut berlebihan. Suara audio dari film yang terlalu kencang dan gambar di screen yang besar mungkin akan menyakitkan untuknya. Belum lagi kehadiran penonton lain. Semuanya bisa membuat Leonz sensory overload.

Perlu sedikit persiapan supaya Leonz nggak kaget dan familiar dengan bioskop. Dadakan ceritanya. Tapi lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Satu jam sebelum berangkat, saya dan Leonz duduk berdua di depan komputer. Saya tunjukan gambar situasi di dalam bioskop, apa saja yang akan kita lakukan di sana termasuk DO dan DON'T nya. Dan tidak lupa memperlihatkan movie trailers dari Gnomeo and Juliet, film yang akan kita tonton. Juga sepanjang perjalanan nggak bosan saya berbicara mengenai bioskop.

Walaupun masih belum bisa berbicara, Leonz mengerti apa yang kita bicarakan. Perasaannya juga peka dan sensitif sekali. Terlihat wajahnya sangat ceria, berulang ulang mata beningnya menatap mata saya. Dia tahu ini kencan special saya dan dia. Khusus hanya mommy dan Leonz. Dan kali ini kita akan mencoba sesuatu yang baru.

Berbekal singkong goreng bikinan dapur sendiri (iya.. tau. Bekal kita memang keren..lol) kita sampai di Platinum XXI, FX Plaza 15 menit sebelum film di mulai. Saya pilih tempat ini karena letaknya dekat dengan rumah dan tidak terlalu ramai.

Setelah memilih tempat duduk -paling belakang pojok kanan- , dengan tersenyum Leonz membayar tiketnya. Begitu juga saat membeli snack. Satu bucket besar pop corn dan mineral water. Leonz tampak bangga membayar belanjaannya.

Saya tenang walau masih sedikit deg-deg an. So far so good pikir saya.

Sampai akhirnya kita memasuki studio 1, tempat film akan di putar.

Leonz terlihat ragu. Tapi tetap melangkah, menggengam erat tangan saya. Saya bisa merasakan dia mulai merasa tidak nyaman.

Menjejakan kakinya pertama kali dalam studio bersamaan dengan penanyangan iklan baterai, kelinci besar menggebuk drum. Leonz kaget setengah mati! Melihat sesuatu yang besar di screen dengan suara drum yang kencang.

Mungkin dia takut. Begitu juga saya. Saya takut Leonz berubah pikiran . Dan benar, dia menarik narik tangan saya agar menjauh keluar dari studio.

Saya langsung berlutut memeluk dia.

"Don't worry Leonz. Mommy is here. And I will always be with you. It's only a movie. It will be fun to watch", bisik kencang saya di telinganya.

Berhasil. Dia terlihat mulai tenang, percaya dengan apa yang saya katakan. Genggaman tangannya tetap erat namun tanpa penolakan mengikuti saya memasuki studio dan mencari tempat duduk kami.

Film pun di mulai.

Ajaib! Leonz duduk manis. Menikmati layar lebar beserta pop corn. Tidak lagi berpegangan tangan dengan saya. Bahkan ikut tertawa pada beberapa adegan lucu.

Walau sempat sepuluh kali jumpalitan dan satu kali percobaan ingin keluar, tapi Leonz berhasil diam di area tempat duduknya sampai film berakhir, yay!!!

Nonton bareng Leonz untuk yang pertama kali ternyata sukses berat. Social story yang berupa penjelasan, gambar dan cuplikan film nggak ketinggalan pop corn, singkong goreng dan 2 botol air minum memberi pengaruh besar di acara kencan nonton bersama.

Sudah nggak sabar rasanya untuk ajak Leonz nonton film selanjutnya :-)


4 comments:

ocel said...

*menjura ke mamahnya Leonz, hebat banget*

*menjura ke Leonz, keren banget*

duodee said...

Dwiiiii...aku baca terharu banget. Perjuangan seorang ibu demi kemajuan anaknya.. tetap semangat ya Dwii *hugs*

buat Leonz, chayooo Nak, tetap semangat..jangan takut ;)

dewi_fajar said...

gara2 liat foto Leonz di fb..aq jadi ngajak Atha nonton film yg sama mba.. :)

mas Leonz Te.O.Pe.Be.Ge.Te. deh.. :*

Nova PS said...

iiih leonz hebaatt! tante nova aja belum nonton lho.. *maklum di desa* hehehe..

jempol buat lu, dwi! ;)

apa nih film berikutnya?