Friday, May 2, 2008

langsing setelah melahirkan

Saya beruntung tidak mengalami "postpartum depressions" tapi punya masalah yang sama dengan kebanyakan para wanita lainnya setelah hamil dan melahirkan. Yap... betul, berat badan .

Akibat terlalu menikmati masa kehamilan sebagai saat dimana saya dapat makan sebanyak banyaknya. Hasilnya pada kehamilan pertama berat badan saya naik 26 kg. Di kehamilan kedua, saya lebih berhati hati, tidak mau mengulangi kejadian yang sama. Saya agak menjaga pola makan dan banyak melakukan aktifitas fisik seperti berenang, jalan kaki, bahkan masih naik turun tangga bts yang menjulang tinggi dua hari sebelum melahirkan. Dan hasilnya berat saya hanya naik 23 kg sajah..... argggghhhhhhhhh!!!

Di bawah adalah saya, hamil pertama dan kedua, 2 jam sebelum operasi :


hohohoh.... dan tentu saja saat itu saya nggak merasa nyaman dengan ukuran badan. Tapi jangan takut, berkat pola makan yang sehat diimbangin dengan berolah raga, maka enam bulan setelah melahirkan berat saya hampir mendekati berat badan saat sebelum hamil.


saya bersama para "figuran", masing masing 6 bulan setelah melahirkan

Karena sering ditanya, berikut ini adalah beberapa tips & trick saya yang lumayan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan juga kembali ke berat badan semula :
  1. menyusui, selain bagus banget untuk bayi dan dapat menurunkan berat badan ternyata menyusui membuat saya lebih percaya diri. Daerah perut saya yang belum kembali ke ukuran yang normal (baca: masih ndut gitu lho...) tidak terlalu terlihat besar karena diimbangi ukuran buah dada yang lebih besar dari biasanya akibat menyusui. Ukuran badan tampak muka terlihat proposinal yang pasti :-P.
  2. jangan memakai baby sitter. bangun malam, mengurus bayi sendiri memang membuat kita merasa lelah. Tapi... membantu menurunkan berat badan.
  3. menjaga pola makan. Ibu saya selalu bilang, saat menyusui kita harus makan banyak. Yang saya lakukan adalah makan secukupnya nggak berlebihan terutama karbohidrat, tidak makan goreng goreng dan ngemil. Bukankah selama kehamilan badan kita sudah mempersiapkan lemak yang akan digunakan untuk menyusui nanti?!
  4. jangan terlalu sering membuka buka majalah mode/kecantikan paling tidak 3 bulan pertama setelah melahirkan. yang pasti rasa percaya diri saya semakin turun (sirik gitu lho... ohohohoh ) melihat gambar para model yang langsing dan berperut rata.
  5. bergabunglah dengan baby playgroup yang kebanyakan anggotanya adalah wanita ras kulit putih dan berpostur besar. Selain menyenangkan, menambah teman dan bagus untuk bayi , rasa percaya diri saya meningkat ketika berada di tengah tengah mereka..hohoho!
  6. melakukan olah raga terselubung. kegiatan sehari hari yang tanpa kita sadari membakar banyak kalori seperti : lari lari mengejar Leonz, tidak memakai stroller tetapi baby carrier, lupakan lift-gunakan tangga biasa untuk naik turun dari apartment kami yang berada di laintai 19, dan.. yang terakhir ini selain membakar lemak juga menyenangkan yaitu banyak banyak em-el... *wink.. wink*
Ah ya.. ternyata benar juga. Semakin bertambah umur semakin susah menurunkan berat badan. Saya merasa begitu jadi sampai sekarang masih agak anti membuka buka majalah mode dan kecantikan :-P.




5 comments:

natazya said...

deuh gayanya euyyyyyyy

aku blom nikah apalagi beranak ajah udah gendatz begini nih!

ah... kasian sama calon suami ;)

Adhini Amaliafitri said...

aku juga lg on diet nih mbakk... ;) 20 kilo harus dibuang dari tubuhku,hehe..

liat badanmu yg sexy dan kenceng gt, keliatan kalo dikau olahraga teratur! saluttt...
sini aja yg blum married badannya udah gendut,hahahahaha!wajib dikecilin emang nih aku..

*SBnya error yahh?ga bisa2 dari td*

dwiwoelan said...

well...kukutip deh Resepnya yah..tapi gak tau kenapa, badanku tuh jadi mekar selepas kuliah..hmm apa bawaan orok or apa ya, dulu perasaan kurus abis kan? heuheu

Noviana Wintarti said...

hehehehe...Yang kurus mo gemuk, mengeluh susah gemuk, yang gemuk mo kurus, yang udah langsing super kerempeng pun kadang mengeluh gemuk juga. wanita dan problem seumur hidupnya (berat badan!)...sama aja ya dimana2...kirain aku aja

debbie said...

ehm....topik ini menarik sekaligus nyebelin buat diriku. Nyusuin sampe setahun, gak pake baby sitter. Makan gak rakus2 amat. Naek bb waktu hamil hanya 10 dan 7 kilo (yang ke 2)
Tp tetep...berat badan sekarang adalah diluar batas psikologis.....:((
Eh...soal naek turun tangga itu yang perlu di tiru, secara sekarang lebih banyak ke rutinitas ngejer2 bis sajah ...hehehe...