Thursday, February 14, 2008

wearing your baby

Tau nggak apa yang sering dipakai Gwen Stefani dan Brad Pitt belakangan ini? Bayi!! Iya,... mereka lebih memilih menggendong bayi-nya dengan sling dan carrier daripada menggunakan stroller.

Seperti kebiasaan orang dulu menggendong gendong bayi kemana mana. Kebiasaan yang sempat dihindari seiring dengan era moderenisasi yang katanya cara tersebut dapat membuat bayi tidak mandiri. Tapi kemudian riset membuktikan ternyata banyak mamfaatnya bagi ayah , ibu dan si bayi sendiri. Antara lain memberikan rasa aman dan nyaman terhadap si bayi sehingga mereka tumbuh menjadi lebih percaya diri, merangsang kerja integrasi sosial ( SI ) di otak melalui penglihatan serta movement selama berada dalam gendongan.

Waktu Leonz bayi ( sorry Leonz,... mommy blum terlalu berpengalaman waktu itu ) saya kurang suka memakai baby carrier. Alasannya Leonz gendut banget... berat. Lebih praktis pakai stroller.

Leah juga gendut dan berat , tapi saya lebih memilih memakai "kangguru bag" demikian saya menyebutnya. Alasannya banyak banget selain yang di atas tadi, diantaranya :
  • Kita tinggal di Bangkok yang nggak stroller friendly. Troatoarnya berlubang lubang, tidak ada eskalator di BTS yang lumayan bikin saya ngos-ngosan kalau harus mengangkat stroller di tangga.
  • Praktis dan efisien buat shopping dan mengejar ngejar Leonz di taman.
  • Untuk para ibu rumah tangga seperti saya bisa sambil masak dan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya .
  • "Kangguru Bag" juga berfungsi sebagai camouflage untuk menutupi bagian depan baju saya yang biasanya penuh dengan noda air susu dan menutupi timbunan lemak di perut saya yang nggak kunjung hilang .
  • Hitung hitung sebagai olah raga angkat beban.... 3-4 jam sehari jalan jalan dengan tambahan 7,5 kg di pundak
Selain keuntungannya ada juga nggak enaknya. Mungkin karena nggak banyak orang memakai baby carrier di Bangkok atau karena Leah yang kerjaannya mengobral senyum ke semua orang. Setiap orang yang berpasan minimal senyum sambil menunjuk atau melambaikan tangan. Bahkan ada yang menghampiri dan berbasa basi. Hmm.... perjalanan jadi lambat.













2 comments:

Jingga said...

haii dwi, asikkk punya blog sendiri nihhh, ntar rajin mampir dehh... dwi hebat deehh, udah jadi 100% mom now. rela ngelakuin apapun for her son and daughter. good mother! sukses terus di bangkok yaaa...

Nova said...

hai hai dwi.. punya blogspot jg ni skarang?? asiik, bakal sering2 mampir ntar aku..

aku pribadi jg lebih seneng pake gendongan bayi sperti itu dwi.. tau sendiri lah di indonesia kondisinya gimana.. kalo pake kereta terus, bisa copot2 rodanya.. :-)

anyway, ntar aku mampir2 lagi ya djeng? :-)
sun sayang buat Leonz dan Leah :-)